Home » , , , » Cara Menghubungkan dua Komputer dengan menggunakan kabel LAN

Cara Menghubungkan dua Komputer dengan menggunakan kabel LAN

Posted by Une's on Friday, 29 April 2016

Dewasa ini, Tekhnologi berperan penting dalam keseharian rutinitas dengan cara serta media yang berbeda-beda. Semua kini jelaaasss jauh lebih mudah dilakukan dengan tekhnologi. Begitupun dengan kebutuhan keseharian yang cukup simple satu ini, yaa.. sharing! Sharing data, sharing game, sharing internet, dan lain-lain yang pastinya bukan sharing curhat. leh uga.
Banyaknya kebutuhan akan sharing data, internet, informasi,dan lain-lain untuk kepentingan pekerjaan, bahkan kepentingan sehari-hari, dapat dilakukan dengan media yang diciptakan sekarang, dengan begitu mudah. Bahkan dengan Kabel, sharing data, sharing internet, sharing game, dan lainnya. dapat dengan mudah dilakukan. Bicara tentang Kabel , saya punya kabel dengan port Rj-45 di kedua sisinya. mudah ditebak... ya! kabel LAN! dapat digunakan untuk sharing-sharing di jangkauan sekitar ruangan atau kantor atau rumah dll. Bicara lagi tentang LAN, saya akan pecahkan misteri CARA jiah cara! Cara loh! Cara Untuk Menghubungkan dua Komputer dengan menggunakan kabel LAN.

Berikut adalah alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.
  1.  Dua unit Laptop/netbook/PC
  2.  Kabel LAN dengan konfigurasi Cross-over
  3.  Niat yang baik dari lubuk hati yang terdalam.  


Nah Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan Kabel LAN Cross-over . Sebelumnya, cek dulu kabelnya dapat berfungsi dengan baik atau tidak dengan menggunakan LAN Tester. 

Sumber : Hati dan Niat yang Baik
2.Hubungkan kedua konektor Rj-45 pada kabel Lan, ke Port Ethernet pada PC yang akan dihubungkan.

Gambar seadanya yg indah 
Gambar seadanya yg indah
3. Setelah kedua kabel terpasang, lanjut ke step berikutnya, Setting Ip Address pada setiap PC agar dapat terhubung dengan kabel Lan. Berikut cara-caranya :



Cara Setting Ip Address :

Catatan Penting : Lakukan langkah-langkah berikut pada kedua PC yang akan dihubungkan.

  • Masuk ke "My Computer" anda akan melihat icon monitor bertuliskan "Network" di bawah direktori penyimpanan data "C,D,E", lalu klik kanan pada icon tadi, dan klik "Properties"

  • Lalu anda akan masuk pada konfigurasi Network and Sharing Center , Klik pada "Change Adapter Settings" atau pada tulisan yang di ceklis (lihat gambar).

  • Lalu anda akan menemukan menu pilihan Ethernet , Wifi, dan pilihan  lainnya seperti Bluetooth. Pastikan juga menu WIFI mati caranya klik kanan lalu disable kan. Selanjutnya, klik kanan pada menu Ethernet, pilih properties.
  • Setelah masuk ke setelan properties pada Ethernet, maka akan muncul banyak sekali pilihan,  namun anda cukup memilih  "Internet Protocol Version 4 TCP/IPv4" klik untuk memilih. Lalu klik button properties.
  • Selanjutnya anda diharuskan untuk mengisi Ip Address sebagai alamat PC anda agar nantinya dapat terhubung saat di sambungkan melalui pencarian Ip address masing-masing PC. Klik "Use the following Ip Address" lalu ketikkan Ip Adress dengan format contoh sebagai berikut "192.168.16.5" dan di PC satunya contoh " 192.168.16.7" (Catatan ! 3 blok utama Ip Address disebut sebagai Network id >> "192.168.16" lalu angka terakhir di belakangnya disebut Host. Pada Ip Address yang saya tuliskan, angka yang berperan sebagai Host adalah  >>"5" dan "7" pada PC satunya. Host pada Ip address di kedua PC harus berbeda, sebaliknya, Network - nya harus sama. Contoh Ip Address yang dapat terhubung pada 2 PC : PC 1 >> [192.168.55.7  dan PC 2 >> 192.168.55.5   ] Atau [ PC 1 >> 192.168.16.7 dan PC 2 >> 192.168.16.5   ]  ).

Contoh: isian Ip Address pada PC 1

Contoh : isian Ip Address pada PC 2


  • Langkah selanjutnya adalah melakukan Ping tes, untuk mengetahui apakah PC 1 dan PC 2 terhubung. Namun sebelum melakukan Ping Tes, pastikan Windows Firewall atau Anti Virus pada kedua  PC yang akan dihubungkan mati. Klik Icon  Windows / Start pada PC, lalu cari "Windows Firewall" atau "Firewall".
  • Masuk ke settingan Windows Firewall, anda akan dihadapkan dengan sejumlah opsi menarik tentang keamanan. Untuk meng-off kan Windows Firewall, klik menu " Turn Windows Firewall on or off".
  • Dan kemudian matikan Firewalls pada Private dan Public network settings,  pilih "Turn Off Firewalls" pada kedua pilihan.
  • Setelah mematikan Windows Firewalls, kita bersiap untuk menghubungkan kedua PC dengan melakukan Ping Tes. Tujuan Ping Tes adalah agar kita mengetahui apakah PC 1 terhubung ke PC 2 yang merupakan tujuannya atau tidak. Caranya adalah dengan masuk ke program CMD, lalu ketikkan Ip Address tujuan.
  • Setelah masuk ke program CMD, PC 1 akan meng-ping Ip Address PC 2, untuk mengetahui apakah PC 1 ini terhubung pada PC 2 atau tidak. 
Contoh : PC 1 mengetikkan "ping 192.168.16.5" karena 192.168.16.5 merupakan Ip Address dari PC 2


sedangkan PC 2 mengetikkan "ping 192.168.16.7" karena 192.168.16.7 merupakan Ip Address dari PC 1


  • Setelah mengetikkan perintah ping [spasi] Ip Address yang di tuju, tekan tombol Enter pada keyboard anda. Jika berhasil, maka anda dapat melihat tulisan Reply from Ip Address bytes...... TTL . Jika gagal, anda akan mendapati tulisan " Requested Time out" atau "Destination host UnReachable" atau "TTL Expired" masing-masing error punya alasan tersendiri.
Berikut adalah contoh hasil perintah Ping Tes yang berhasil antar kedua PC.


  • Adapun jika telah berhasil terhubung saat melakukan Ping tes, anda dapat melihat benarkah adanya bahwa PC anda sudah terhubung atau belum di "My Computer" lalu klik Icon Network" disana anda akan melihat nama PC yang terhubung dengan PC anda, dan dapat melihat files atau data yg di share pada PC yang terhubung.

PC 1


PC 2



Nah, Mungkin cukup ulasan Cara menghubungkan dua komputer dengan menggunakan kabel LAN nya yaaa.... ^^
mimin cape juga bikin postingan bermanfaat  jiaah
untuk membuat bacaan bermanfaat, membutuhkan waktu cukup lama untuk berfikir dan menata kata kata ini itu agar menarik dan dipahami readers... Demi Readeeers!! :v 
Akhir kata saya ucapkan Terimakasih telah membaca postingan ini.. Semoga Berrrmanfaat :) 










Thanks for reading & sharing Une's

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Politeknik Sukabumi

Politeknik Sukabumi

Search This Blog

Loading...

Translate

Popular Posts